Candi Sambisari
Wisata Candi

Candi Sambisari: Candi Bercorak Hindu di Jogja

Candi Sambisari merupakan candi yang bercorak Hindu yang terletak sekitar 4 km dari candi Prambanan. Candi ini dibangun pada masa raja Rakai Garung pada zaman kerajaan Mataran Kuno.Candi Sambisari terletak 6,5 meter dibawah permukaan tanah. Candi Sambisari ditemukan pada tahun 1966 oleh seorang petani bernama Karyowinangun. Berawal dari aktivitasnya disawah. Suatu ketika cangkul yang diayunkan ke tanah membentur sebuah batu yang besar. Setelah diperhatikan ternyata batu tersebut memiliki pahatan pada permukaannya.

Selanjutnya Dinas Kepurbakalaan yang mengetahui hal itu segera datang dan menetapkan areal sawah tersebut merupakan suaka dari purbakala. Batu yang telah ditemukan petani tersebut merupakan bagian dari candi yang terkubur oleh tanah. Selanjutnya penggalian dilakukan dan menemukan ratusan bongkahan batu lain dan juga dengan arca-arca nya. Penggalian terus dilakukan selama 21 tahun akhirnya betuk dari candi ini dapat diinikmati. Bangunan candi yang sudah bediri ini bernama Candi Sambisari.

Candi Sambisari
Candi Sambisari

Candi Sambisari dibangun sekitar tahun 812-838 Masehi pada masa pemerintahan Rakai Garung. Bangunan candi terdiri dari sebuah candi induk dan tiga candi pendamping. Candi ini dikelilingi oleh 2 buah pagar, pagar yang pertama sudah selesai pugar sedangkan pagar yang kedua hanya ditampakkan sedikit sebelah timur candi yang dipakai sebagai pembatas. Terdapat juga 8 Lingga patok yang berada di setiap penjuru mata angin.

Bangunan dari candi ini tidak mempunyai alas seperti halnya yang lain. Kaki candi yang berfungsi sebagai alas yang sejajar dengan tanah. Kaki candi terlihat polos karena tidak ditemukannya motif terpahat. Relief hiasan baru ditemukan pada tubuh hingga puncak candi yang bermotif menyerupai batik-batik.

Saat menaiki tangga di pintu masuk ke dalam candi induk, anda akan melihat hiasan berupa makara yakni hewan ajaib dalam mitologi Hindu yang mulutnya sedang menggangga yang didalamnya terdapat seekor singa. Makara pada candi ini merupakan evolusi dari bentuk makara di India yang merupakan perpaduan antara gajah dengan buaya yang ekornya membengkok.

Akses Menuju Ke Candi Sambisari

Kalau dari pusat kota Yogyakarta melalui jalan raya Jogja – Solo setelah sekitar 3 km dari Janti anda akan melihat sebuah gapura menuju Akademi Angkatan Udara Yogyakarta yang terletak di sebelah selatan jalan Solo. Beberapa meter dari gapura tersebut anda akan menemukan pertigaan selanjutnya ambil belokan utara ikuti terus setelah 5 – 10 menit kemudian, anda akan segera sampai di Candi Sambisari.

Harga Tiket Masuk Ke Sambisari

Harga tiket untuk memasuki Candi Sambisari ini berbeda dari anak-anak ke orang dewasa berikut deskripsinya:

Dewasa Rp.2.000,- per orang

anak-anak Rp.1.000,- per orang.

Aktifitas di Candi Sambisari

  • Menikmati Sunrise dan juga Sunset

Menikmati pesona matahari terbit dan terbenam memang sangat menyenangkan. Keindahannya bisa memanjakan mata kita dan bagi yang suka memotret akan menjadi objek foto yang menakjubkan. Dan bagi wisatawan yang mencari tempat untuk berburu matahari terbit dan tenggelam, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Candi Sambisari  pada saat tersebut.

  • Belajar Sejarah dan Budaya

Berdirinya bangunan Candi Sambisari sudah tidak akan terlepas dari sejarah dan budaya negeri Indonesia. Candi ini termasuk satu tempat wisata bersejarah yang dapat memberikan wawasan seperti peradaban agama Budha yang ada di Indonesia.

Demikianlah artikel tentang candi Sambisari, semoga artikel ini dapat membantu anda saat akan berlibur ke kota Jogja dan ingin mengunjungi beberapa situs bersejarah seperti candi-candi, terutama  Candi Sambisari. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *