Candi Prambanan
Wisata Candi

Candi Prambanan: Tempat Wisata Candi Untuk Menghilangkan Stress

Berwisata ke Candi Prambanan begitu damai dan menyenangkan. Ini semua dikarenakan hal ini juga dilakukan untuk menghilangkan suatu rasa kepenatan dan juga stres setelah melakukan berbagai macam aktifitas pekerjaan yang sudah membuat orang tertekan. Oleh karena itu, liburan merupakan cara yang paling tepat untuk melampiaskan rasa penat dan stres tersebut. Nah, untuk memilih jenis tempat wisata untuk menghilangkan stress kenapa tidak sambil belajar sejarah sekaligus?, kali ini ada salah satu wisata yang cukup menarik untuk Anda datangi, yakni wisata Candi Prambanan.

Candi Prambanan ini dibangun pada abad ke-10 pada masa Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Candi ini lebih tinggi dengan ketinggian 47 meter dibandingkan Candi Borobudur yang hanya 42 meter saja.  Candi Prambanan ini terletak 17 kilometer dari kota Yogyakarta.

Bangunan Candi Prambanan terdiri  3 candi utama yaitu Candi Wisnu, lalu Brahma, dan terakhir Siwa. Ketiga candi tersebut melambangkan Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi tersebut semuanya menghadap ke arah timur. Setiap candi dari tiga tersebut memiliki satu candi pendamping masing-masing yang menghadap ke arah barat, yaitu Nandini pendamping Siwa, Angsa pendamping Brahma, dan Garuda pendamping Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 bangunan candi apit, 4 bangunan candi kelir, dan 4 bangunan candi sudut. Sementara, untuk halaman kedua memiliki 224 candi.

Di dalam candi Siwa dimana bangunan ini yang terletak di tengah dan bangunannya paling tinggi kita akan menemukan 4 buah ruangan. Pertama, ruangan utama berisi arca Siwa, dan 3 ruangan yang lain berisi arca Durga yakni istri Siwa: roro Jongrang, Agastya yakni guru Siwa, dan Ganesha yakni putra Siwa. Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebagai arca dari Roro Jonggrang dalam legenda.

Candi Prambanan
Candi Prambanan

Menurut  legenda masa lali, pada suatu  hari pemuda yang bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang yang jelita. Tapi Roro Jonggrang tidak suka karena dendam atas kematian kakaknya yakni prabu Boko yang tewas dibunuh Bandung Bandawasa . tetapi cinta dari Bandung Bondowoso sangan besar hingga memaksa Roro Joggrang untuk menikah denganya. Akhirnya Roro Jonggrang mau tapi dengan satu syarat. Maka Jonggrang meminta Bondowoso membuat 1000 candi dalam waktu semalam saja. Karena ilmu kesaktiannya, Bandung hampir mampu memenuhi permintaan Roro Jonggrang itu, namun Jonggrang menggagalkannya dengan menyuruh para makhluk halus membunyikan kentongan tumbukan padi dan menyalakan api besar agar suasana seperti pagi hari. Bondowoso menganggap uhasanya gagal karena menganggap hari sudah pagi, padahal dia baru dapat membuat 999 candi dan kurang 1 candi lagi. Karena kesal dan marah akhirnya Bandung mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000.

Akses Menuju Ke Candi Prambanan

  • Dari Bandara

Keluar pintu utama bandara melalui jalan bawah tanah kemudian naik bus trans jogja cukup bayar sekitar Rp.3000 lalu turun di halte prambanan kemudian jalan kaki hanya sekitar 150 meter

  • Stasiun Tugu dan lempuyangan

Naik kereta prameks tiket Rp.10.000 lalu turun Bandara kemudian naik bus trans jogja bayar Rp.3000 turun di halte prambanan kemudian jalan kaki sekitar 150 meter

Harga Tiket Masuk ke Candi Prambanan

Harga tiket masuk di Candi Prambanan adalah berbeda bagi anak-anak dan juga orang dewasa. Berikut adalah detailnya :

Harga Tiket:    Dewasa           Rp. 30.000

                        Anak-anak       Rp. 12.500

Aktifitas di Candi Prambanan

Di area Candi Prambanan terdapat toko-toko di pinggir jalan yang bisa anda datangi untuk membeli oleh-oleh. Anda juga bisa berfoto mengabadikan moment dengan teman, keluarga atau bahkan bercengkrama dengan para turis manca negara disana.

Demikianlah artikel tentang candi Prambanan, semoga artikel ini dapat membantu anda saat akan berlibur ke Candi Prambanan. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *