Candi Banyunibo
Wisata Candi

Candi Banyunibo: Belajar Sejarah Dari Warisan Budaya Masa Lalu

Yogyakarta adalah kota sejuta bersejarah yang ada di Indonesia dan memiliki berbagai macam warisan budaya masa lalu. Salah satunya adalah Candi Banyunibo Prambanan Yogyakarta.

Candi Banyunibo Prambanan Yogyakarta berlokasi di dusun Cepit, desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Letaknya dekat dari candi Ratu Boko, yaitu ada di bagian sebelah timur dari Yogyakarta ke arah Wonosalam.  Dari candi Prambanan berada sekitar 5,6 kilometer ke arah selatan. Candi ini dibangun pada abad ke-9 yaitu pada masa pemerintahan kerajaan Mataram Kuno.

Ciri khas candi Banyunibo salah satunya yaitu terdapat stupa di bagian atas candi yang merupakan tanda dari agama Buddha. Candi ini awalnya ditemukan dalam keadaan runtuh yang kemudian digali dan mulai diteliti pada tahun 1940. Candi Banyunibo Prambanan Yogyakarta masih jarang diketahui dan dikunjungi oleh wisatawan karena belum terlalu terekspose dibandingkan dengan candi-candi besar lainnya yang sama-sama berada di satu kompleks, seperti candi Prambanan dan candi Ratu Boko. Selain itu, letaknya juga masih terpencil di tengah area persawahan.

Candi Banyunibo Yogyakarta sendiri memiliki satu candi induk yang arahnya menghadap ke barat dan memiliki enam bangunan candi kecil sebagai candi pendamping yang letaknya sebelah timur dan selatan dari candi induk. Candi pewara yang ada di candi Banyunibo ini kondisinya memprihatinkan karena dibiarkan sebagai reruntuhan saja. Terdapat delapan jendela di bangunan candi induk ini yang langsung melihat ke arah pemandangan di ladang. Relief yang ada di dinding candi Banyunibo ini bagitu indah dan masih utuh serta terawat. Selain relief yang terdapat pada dinding candi, terdapat pula beberapa arca yang diletakkan begitu saja di jalan, misalnya di dekat pos satpam dan tidak dirawat karena diletakkan begitu saja.

Candi Banyunibo
Candi Banyunibo

Akses Menuju Ke Candi Banyunibo

Dengan transportasi umum

Ambil Trans Jogja trayek 1A atau 1B dan berhenti di shelter Prambanan . Perjalanan ke kuil dapat dilanjutkan dengan mengambil ojek ke selatan sampai Anda melihat tanda jalan yang menunjukkan arah ke Candi Banyunibo .

Dengan kendaraan pribadi

Berangkat dari pusat Kota Yogyakarta , menuju ke timur untuk rute ke Candi Prambanan . Sesampainya di persimpangan Prambanan atau pasar Prambanan , belok kanan di lampu lalu lintas. Terus lurus selama sekitar 15 menit sampai Anda menemukan tanda jalan yang menunjukkan arah ke Candi Banyunibo.

Harga Tiket Masuk Candi Banyunibo

Harga tiket untuk memasuki Candi Banyunibo ini masih gratis. Karena belum ada perawatan seperti fasilitas yang ditawarkan oleh candi Banyunibo.

Aktifitas di Candi Banyunibo

  • Menikmati Sunrise dan juga Sunset

Menikmati pesona matahari terbit dan terbenam memang sangat menyenangkan. Keindahannya bisa memanjakan mata kita dan bagi yang suka memotret akan menjadi objek foto yang menakjubkan. Dan bagi wisatawan yang mencari tempat untuk berburu matahari terbit dan tenggelam, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Candi Banyunibo  pada saat tersebut.

  • Belajar Sejarah dan Budaya

Berdirinya bangunan Candi Banyunibo sudah tidak akan terlepas dari sejarah dan budaya negeri Indonesia. Banyaknya candi yang ada di Indonesia bisa menambah wawasan kita bagaiamana sejarah agama membentuk suatu peradaban. Belajar dari sejarah dapat membuat kita bangga terhadap kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

Demikianlah artikel tentang candi Banyunibo, semoga artikel ini dapat membantu anda saat akan berlibur ke kota Jogja dan ingin mengunjungi beberapa situs bersejarah seperti candi-candi, terutama  Candi Banyunibo. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *